Hebat! Alat Pengatur Suhu Air di Ciptakan oleh Mahasiswa Indonesia

 Hebat! Alat Pengatur Suhu Air di Ciptakan oleh Mahasiswa Indonesia


Banyak sekali penemuan-penemuan baru yang di ciptakan para putra putri Indonesia, baik dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang universitas. Kali ini penemuan terbaru di ciptakan oleh Ultomy Idham, mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung. Mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini berinovasi dan berhasil menciptakan alat pengatur suhu air.


Bermula dari pengalamannya tinggal di wilayah pegunungan yang bersuhu dingin. "Menggunakan peralatan ini bisa mengendalikan suhu air sesuai dengan yang kita inginkan," jelas Ultomy. menjelaskan, pengatur suhu air bekerja dengan memanfaatkan pemanas (heater) sebagai katalisator dan sensor temperatur LM35 sebagai pengatur panas suhu air.
Untuk pengendalian secara otomatis, alat ini menggunakan mikrokontroler ATmega8 yang sekaligus berfungsi sebagai kendali utama. "Untuk pengaturan suhu air yang sesuai kita inginkan, cukup dengan memasukkan heater dan sensor suhu LM35 ke dalam air, lalu menekan tombol pengatur suhu, maka secara otomatis alat akan bekerja hingga mencapai suhu yang diinginkan," jelasnya.
Cara kerja alat ini adalah jika pemanasan suhu mencapai 70 derajat Celsius air sudah mencapai pada suhu tersebut, secara otomatis alat berhenti bekerja. Dia menambahkan, rancangan alat ini juga dilengkapi dengan LCD yang berfungsi sebagai display hasil informasi suhu air pada tangki. Alat ini mampu mengatur suhu antara 0 derajat hingga 100 derajat, sangat cocok untuk masyarakat yang tinggal di pegunungan dengan suhu yang relatif lebih rendah "ujarnya.
Semoga penemuan ini menjadi motivasi untuk para Mahasiswa Indonesia lainnya untuk ikut menjadi penemu penemu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Serta bisa bersaing dengan Negara-negara maju lainnya.
Oleh: Indra K(Dikutip dari republika.co.id)


INFORMASI DARI :KESEKOLAH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NARUTO SHIPPUDEN SEASON 18.3GP

CARA MENDAFTAR DI PULSA CHANGER